Ketahui Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita!

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita – Apakah Anda seorang wanita yang memiliki masalah rambut rontok? Perlu diketahui, penyakit atau kondisi medis dapat memicu kerontokan rambut. Tahu apa penyebab rambut rontok? Jumlah wanita yang mengalami kerontokan rambut dan di bawah ancaman kebotakan semakin banyak saja.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Di negara Amerika Serikat saja, diperkirakan 30 juta wanita memiliki rambut yang terus menipis dan berpotensi kebotakan. Masalah kerontokan rambut kini juga diderita oleh banyak wanita muda. Tapi apa yang membuat rambut indah wanita mudah rontok dari akarnya? Apa penyebab rambut rontok terus menerus?

Berikut beberapa penyebab dan kondisi medis yang menyebabkan kerontokan rambut.

– Siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang Rambut tumbuh sekitar 1/2 inci sebulan.

Perlu kita ketahui, rambut tumbuh dengan fase yang berbeda – beda dimana berlangsung kurang lebih 2-6 tahun. Fase ini meliputi periode pertumbuhan dan istirahat sebelum rambut rontok dan folikel rambut menumbuhkan rambut kembali.

Bagi sebgaian wanita, maslaah rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor keturunan, dimana mereka lebih rentan terhadap rambut rontok, hal ini karena proses pertumbuhan rambut yang abnormal. Terjadinya gangguan tersebut dikarenakan oleh hormon androgenik.

– Kehamilan dan persalinan.

Banyak wanita yang menderita rambut rontok selama sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi tersebut juga disebut telogen effluvium. Rambut bisa normal kembali beberapa bulan kemudian.

– Gangguan hormonal

Jika kelenjar tiroid Anda sangat aktif atau tidak aktif, rambut akan terpengaruh. Biasanya, rambut rontok akan berhenti setelah gangguan tiroid teratasi. Rambut akan mudah rontok jika ada hormon androgen dan gangguan estrogen.

– Obat-obatan

Beberapa jenis dari obat juga memiliki efek samping terhadap masalah rambut rontok. Namun, keadaan tersebut akan berakhir setelah berhenti berobat.

Berikut ini beberapa macam obat yang dapat menyebabkan masalah rambut rontok yaitu pengencer darah, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, obat asam urat,  kontrasepsi dan antidepresan.

– Infeksi

Beberapa jenis infeksi, seperti infeksi jamur pada kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur, rambut rontok dapat dihentikan.

– Penyakit autoimun

Di antara penyakit lainnya, lupus atau diabetes adalah penyebab kerontokan rambut pada wanita. Rambut rontok juga bisa menjadi gejala penyakit ini. Oleh karena itu segera periksakan.

– Kekurangan gizi

Diet yang tidak sehat juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Diet yang tidak sehat ini menghilangkan sebagian nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu kita ketahui bahwa tidak cukup hanya dengan pola makan yang sehat saja untuk memulihkan rambut yang telah rontok serta menghentikannya. Butuh usha ekstra atau usaha lain agar rambut kita tidak rontok parah dan timbul kebotakan.

– Gangguan emosi

Beberapa wanita mengalami kerontokan rambut dalam situasi psikologis emosional ataupun traumatis . Misalnya, perceraian, kematian anggota keluarga, atau perawatan keluarga yang sedang sakit.

– Menopause

Dari beberapa gejala menopause, rambut rontok adalah gejala yang paling umum.

About The Author

Reply